June 30, 2011

menghargai diri sendiri

sebetulnya ini sudah biasa terjadi, tapi karena melihat contoh nyata dengan hati yang terbuka, ternyata sangat penting memiliki rasa untuk menghargai diri sendiri.

selama 4 tahun ini saya banyak berinteraksi dengan pihak2 asing dalam pekerjaan, dan terutama dari India. Semua dari mereka adalah pekerja keras yang menggunakan akal pikiran, paling tidak mereka mau dan berani berkomunikasi meskipun dalam aksen bahasa inggris yang susah dimengerti oleh forum - jika tidak terbiasa.

bisa dibayangkan bahwa negara mereka mungkin sama juga dengan negara kita, dan juga negara-negara berkembang di asia. saya perhatikan lagi, semangat dan kemauan untuk merubah nasib mereka sangat tinggi. Mereka tersebar dipelosok dunia ini dan menjadi terkenal karena kemampuannya yang bisa diandalkan.

dalam teleconference dengan berbagai pihak seperti dari australia, malaysia, singapore, india, amerika, bahkan hongkong, mereka berbicara dengan aksen mereka masing-masing. seolah-olah tanpa sadar telah meng-identifikasi-kan diri mereka sendiri, ini yang membuat saya terpengaruh sehingga saya pun ikut bebas berbicara dengan aksen indonesia :)


nah... cobalah menjadi dan menghargai diri sendiri dimana pun kita berada, terukur dan bijaksana. bersemangatlah untuk menjadi lebih baik lagi. semoga generasi dan golongan yang korup, penipu dan bobrok akan tergantikan oleh generasi kita ini yang lebih baik  ^_^ 


 
-00-

No comments:

Post a Comment